Selasa, 15 November 2011

resume Bab IV


TENAGA BIMBINGAN DI SEKOLAH
Unsur Personil Bimbingan
v  Dalam kurikulum SD Tahun 1975, Pedoman Bimbingan dan Penyuluhan, buku III ; kepala sekolah, guru kelas, penyuluh pendidikan
v  Dalam kurikulum SMP &SMA 1976, Pedoman Bimbingan Dan Penyuluhan, buku III C ; kepala sekolah, penuluh pendidikan, guru-penyuluh/ wali kelas, & petugas administrasi
v  Dalam buku Pengantar Kurikulum  SMA 1984 ; kepala sekolah, coordinator bimbingan dan penyuluhan atau konselor, guru bimbingan dan penyuluhan,wali kelas, guru mata pelajaran, orangtua siswa, pejabat, tokoh masyarakat.
v  Dalam kurikulum sekolah pendidikan Guru 1976 Pedoman Bimbingan Dan Penyuluhan, buku III D : kepala sekolah, penuluh pendidikan, guru penyuluh, wali kelas dan guru bidang pengajaran.
v  Dll

Klasifikasi Personil Bimbingan
a.    Konselor sekolah yaitu tenaga professional yang mencurahkan waktunya untuk pelayanan bimbingan.
b.    Guru pembimbing yaitu seorang guru yang di samping mengajar di salah satu bidang studi, terlibat juga dalam rangkaian pelayanan bimbingan termasuk layanan konseling.
c.    Guru, yaitu tenaga pengajar yang melibatkan diri dalam pelayanan bimbingan.
d.    Sumber tenaga penunjang yaitu tenaga spesialis seperti psikolog klinis, psikister, ahli psikometrik, dan dokter, tenaga administrasi dll.
Tantangan yang di hadapi Konselor Sekolah
1.     Masalah peran
2.    Tugas
3.    Diri konselor sendiri
4.    Pimpinan sekolah
5.    Staf Guru
6.    Para siswa
7.    Orangtua
8.    Suasana sekolah dan keadaan dunia pendidikan
9.    Berwawasan luas, berfikir kreatif, dan bertindak cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar