ASAS-ASAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
A. Asas-Asas Komunikasi antar pribadi dalam konseling
Pelayananan konselor dalam institusi pendididikan terlaksana dalam interaksi pribadi dan komunikasi antarpribadi yang bercorak membantu dan di bantu yang berlangsung secara formal dan dikelola secara professional. Ciri-ciri hubungan yang baik antarpribadi adalah sbb:
1. Bermakna, baik untuk konselor maupun untuk konseli, karena kdua belah pihak melibatkan diri secara penuh
2. Mengandung aneka unsure kognitif dan afektif karena konselor dan konseli befikir bersama serta alam perasaan konseli sepenuhnya diakui dan ikut dihayati oleh konselor
3. Berdasarkan saling kepercayaan dan saling keterbukaan
4. Berlangsng atas dasar salingmemberikan persetujuan
5. Terdapat suatu kebutuhan di pihak konseli
6. Terdapat komunikasi dua arah
7. Mengandung strukturalisasi
8. Berasaskan kerelaan dan usaha untuk bekerja sama agar tercapai suatu tujuan yang disepakai bersama
9. Mengarah ke suatu perubahan pada diri konseli
10. Terdapat jaminan bahwa kedua partisipan merasa aman
Ada empat aspek yang dapat ditemukan dalam konseling:
1. Terjadi komunikasi antarpribadi
2. Berlangsung suatu proses
3. Terdapat pertemuaan tatap muka
4. Pemberian sejumlah tanggapan yang bersifat membantu
B. Kondisi-kondisi Eksternal dan internal
Kondisi adalah keadaan yang akan berpengaruh terhadap proses konseling dan terhadap hubungan antarpribadi yang berlangsung selama wawancara konseling. Keadaan eksternal menyangkut kondisi fisik seperti lingkungan ruang wawncara, dan suasana yang diciptakan selama wawancara konseling. Keadaan internal menyangkut hal-hal pada konseli atau konselor sendiri, seperti sikap sifat kepribadian dll.
1. Kondisi eksternal
Keadaan eksternal menyangkut hal-hal sbb:
a. Lingkungan fisik tempat wawancara berlangsung
b. Penataan ruang
c. Bentuk bangunan yang memungkinkan pembicaraan secara pribadi
d. Konselor berpakaian rapi
e. Kerapian dalam menata segala barang yang terdapat di ruang dan di atas meja tulis konselor
f. Penggunaan system janji
g. Konselor menyisihkan buku, catatan serta kertas di meja pada waktu seorang konseli datang untuk mewawancarai
h. Tidak terpasang peralatan rekaman, misal video
2. Kondisi internal
a. Di pihak konseli
b. Di pihak konselor
C. Teknik-Teknik Konseling
1. Teknik konseling yang verbal
Suatu tanggapan verbalyang diberikan oleh konselor yang merupakan perwujudan konkret dari maksud, pikiran, dan perasaan yang terbentuk dalam batin konselor untuk membantu konseli pada saat tertentu.
2. Teknik-teknik konseling nonverbal
Perilaku nonverbal bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Dalam arti sempit perilaku nonverbal menunjuk pada reaksi atau tanggapan yang dibedakan dari berbahasa dengan memakai kata-kata, misalnya ekspresi waja.
Teknik-teknik nonverbal adalah
a. Senyuman
b. Cara duduk
c. Anggukan kepala
d. Gerak-gerik lengan dan tangan
e. Berdiam diri
f. Mimik
g. Kontak mata
h. Variasi dalam suara
i. Sentuhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar